Tips dan Trik – Memproteksi Komputer dari Virus yang Menyebar Lewat Flash Disk



Virus komputer adalah program komputer bersifat perusak yang dibuat oleh seorang programmer, bisa dengan tujuan memang untuk merusak atau hanya sekedar iseng menjajal keahlian dalam memprogram. Akan tetapi bagi orang yang komputernya terkena virus, tentu akan sangat merasa terganggu. Ya, memang virus adalah sesuatu yang menyebalkan, apalagi jika virus tersebut dapat merusak bukan hanya file dan software tapi juga bahkan sampai hardware kita terkena imbasnya.

Virus menyebar lewat berbagai cara, bisa lewat internet namun juga bisa lewat removable disk seperti Flash disk yang banyak digunakan orang sekarang ini. Untuk mencegah terkena dampak buruk virus biasanya orang menggunakan sebuah software penangkal virus yang disebut dengan Antivirus atau bahkan menggunakan program Deepfreeze. Namun cara ini kadang – kadang tidak akan berguna jika kita lupa untuk mengupdate program Antivirus tersebut. Akibatnya, antivirus tidak bisa membaca dan menghapus program virus dan file yang terinfeksi karena program virus yang menginfeksi tidak terdapat dalam database Antivirus.

Mungkin ada sedikit trik yang bisa digunakan untuk mencegah virus menginfeksi komputer kita. Terutama komputer yang menganut sistem colok semaunya, maksudnya komputer yang penggunanya mencolokkan dan mencabut flash disk tanpa di Scan dengan Antivirus terlebih dahulu. Memang trik ini tidak bisa digunakan untuk komputer yang terhubung dengan internet karena cara ini tidak mampu menangkal virus yang menyebar lewat internet.

Langsung saja, langkah-langkah nya adalah sebagai berikut:




  1. Buka Control Panel, caranya klik start > setting > control panel

  2. Pilih Performance and Maintenance > Administrative Tools

  3. kemudian klik 2 kali local security policy

  4. Pilih software restriction policies

  5. Klik tab Action dan create new restriction policies

  6. lalu pilih additional rules

  7. Klik tab Action lagi dan pilih new path rules

  8. Pada kolom path masukkan driver flash disk yang dibaca komputer kita
    Contoh bila komputer membaca flashdisk kita sebagai drive F maka ketik : F:\

  9. Klik OK.



Cara ini bekerja dengan cara membatasi berjalannya program langsung dari flash disk kita. Kenapa cara ini bisa menghambat virus, karena virus juga file program yang jika kita lihat virus biasanya berekstensi *.exe. Tapi, efek samping dari cara ini adalah kita tidak bisa menjalnkan program apapun yang ada di flashdisk jika dicolokkan ke komputer kita.

Jika Anda kurang mengerti silakan download video cara menerapkan trik ini di komputer:

Klik Disini untuk Download Videonya.

1 komentar:

  1. mungkin lebih sederhananya bisa di pencet atau tahan dan tekan shift selama proses berlangsung.. maka run juga berhenti...

    BalasHapus