Tips – Cara Menghemat Baterai iPhone 3G


Bagi sebagian orang kapasitas baterai iPhone 3G tidak bisa disebut mencukupi untuk sebuah perangkat hiburan “on-the-go”. Durasi yang hanya mencapai 1 hingga 1,5 hari memang sedikit menjengkelkan.

Namun itu terjadi bukan tanpa sebab. Sebagai sarana hiburan saja, iPhone 3G memang sudah membutuhkan daya yang besar. Sebagai perbandingan, iPod shuffle yang notabene hanya mengeluarkan musik tanpa display, membutuhkan baterai yang besar agar bisa bertahan 24 jam nonstop.

Nah ini, iPhone 3G juga berfungsi sebagai ponsel. Tentu daya bateri yang tersedot akan lebih besar tentunya. Layar yang lebar dengan tingkat kecerahan tinggi, kemampuan jaringan 3G, dan tidak lupa GPS tracker yang kerap aktif di perangkat iPhone, merupakan beberapa contoh fitur boros energi yang dimiliki. Dilain pihak, keberadaannya yang menjadi kelebihan iPhone terasa sayang jika tidak ditampilkan.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk penghematan. Berikut beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan:

1. Kurangi tingkat kecerahan layar. seperti yang telah kita ketahui, iPhone 3G memilki layar yang lebih cerah ketimbang ponsel lain dipasaran. Itu merupakan hal yang bagus namun, jika Anda berencana menggunakannya di dalam ruangan dan berada dalam kondisi penuh cahaya, mengurangi tingkat kecerahan (brightness) layar iPhone 3G bisa menjadi solusi yang pertama.

Caranya pergi ke menu Setting > Brightness. Matikan Auto Brightness, lalu atur sedikit demi sedikit, hingga layar tidak terlalu cerah namun segalanya yang ada di layar masih bisa dilihat dengan jelas. 10% merupakan angka yang masih bisa diterima.

2. Matikan WiFi dan 3G jika tidak digunakan. Kelebihan iPhone 3G ada pada kemampuannya menjelajah jaringan 3G HSDPA dan kehadiran fitur WiFi guna melakukan browsing di wilayah HotSpot.

Namun bukan berarti kita harus mengaktifkannya setiap saat. Meskipun iPhone 3G berada dalan kondisi idle, baterai aknan terus terkuras untuk menjaga stabilitas jaringan ponsel. Cakupan 3G yang belum luas dan stabil akan memeras lebih banyak daya.

Caranya kembali ke menu Setting > General > Network. Sedangkan untuk WiFi bisa dilakukan via Setting > WiFi.

3. Matikan getaran di tiap Game yang dimainkan. Meski menambah efek realistis dan menambah ketegangan saat bermain Game, menu vibrasi akan membutuhkan daya yang lebih besar untuk mengaktifkan hardware yang berhubungan. Cara melakukannya bervariasi tergantung game yang dimainkan.

4. Pilih, download dan beli aplikasi lewat iTunes Komputer. Meskipun bisa dilakukan via ponsel, memilih dan mendownload aplikasi akan lebih baik dilakukan lewat iTunes (desktop). Karena saat melakukan pencarian aplikasi yang dibutuhkan, jalur data ponsel akan bekerja dan menyedot daya yang cukup besar. Belum lagi saat mendownloadnya lalu menginstalnya di ponsel.

Bandingkan dengan mendownloadnya lewat komputer. Anda tinggal melakukan sinkronisasi lalu aplikasi sudah berpindah dari iTunes ke iPhone 3G Anda.

5. Atur auto lock untuk mengunci layar dalam waktu minimum. Hal ini akan mengurangi kemungkinan aktifnya fitur-fitur yang tidak diharapkan, semisal ketika lupa mengunci layar dan langsung meletakkan iPhone di saku. Caranya masuk ke Setting > General > Auto-lock.

6. Matikan push data, lalu lakukan pull dalam satuan waktu terlama. Email yang ada di iPhone memang tidak benar-benar push. Namun data-data sinkronisasi lain memang dilakukan secara paksa melalui push. Matikan saja, toh Anda bisa menarik data-data tersebut persatuan waktu.

Lakukan ini dengan cara masuk ke Setting > Fetch > New Data. Nonaktifkan push dan pilih Hourty untuk melakukan pull data.

7. Charge iPhone setiap ada kesempatan. Bila kita bekerja di dekat komputer, ada baiknya kita hubungka iPhone dengan Port USB. Lakukan itu tanpa perlu melakukan sinkronisasi data. Atau jika Anda memiliki charger mobil, lakukan charging sambil berkendara ke kantor misalnya. Satu menit pengisian daya sangat berarti untuk memperpanjang nafas bateri iPhone 3G.

Seperti yang sama-sama kita ketahui, mengganti bateri iPhone tidak semudah mengganti baterai ponsel kebanyakan. Solusi di atas merupakan upaya memaksilmalkan daya baterai dengan cara berhemat di sisi yang mungkin tidak kita pikirkan sebelumnya. Semoga bermanfaat. Berbagai sumber.

0 komentar: